Senin, 02 September 2013

Tips Mudah Mengajarkan Anak Anda Berdoa

Hai sobat Jo, bagaimana kabarnya??
Pasti tetap OK aja kan?? :)

Sobat blogger, berikut saya memaparkan beberapa tips mudah mengajarkan anak-anak anda berdoa di rumah dan di gereja, berdasarkan hasil diskusi kami dalam sermon guru-guru sekolah minggu (maklum blogger seorang Guru Sekolah Minggu) hehehe.. Let's we check it out!

1. Tuliskan doa dalam secarik kertas yang menarik perhatian anak-anak sesuai dengan topik doa yang anda akan ajarkan.
misalnya : Doa Makan, Doa Mau Tidur, Doa Mau Belajar, dsb
2. Usahakan tulis doa dalam bahasa yang sederhana.
misalnya untuk doa mau makan "Ya Tuhan, berkatilah makanan ini agar menjadi kesehatan bagi tubuhku, amin". Nah ini akan memudahkan anak-anak sahabat blogger mengingat doa tersebut, biar sobat blogger tau, berdasarkan pengalaman saya sebagai guru sekolah minggu di gereja saya, banyak anak-anak yang takut berdoa karena mereka malu kalau kata-katanya jelek dan tidak se-indah doa yang sering kita ucapkan di depan mereka.
3. Ajar anak anda untuk menghapalnya dan mengulanginya setiap hari. Dengan mengulangnya setiap hari tentu saja ini akan menjadi habits atau kebiasaan bagi anak anda untuk berdoa dan mengucap syukur setiap hari.
4. Ajar mereka cara berdoa yang baik; melipat tangan, menutup mata, dan menundukkan kepala mereka. Tentu saja hal ini mengajarkan anak kita untuk senantiasa tunduk dan hormat kepada Tuhan.
5. Tetap ajarkan perlahan makna doa bagi kehidupan anak-anak anda.

Hal yang paling penting dari tips diatas adalah bagaimana kita menumbuhkan motivasi dan kebiasaan terlebih dahulu dalam diri mereka, nah ketika motivasi itu ada dan doa telah menjadi kebiasaan, selanjutnya serahkan anak anda kepada Tuhan, biar Roh Kudus-Nya yang mengajarkan anak anda berdoa kepada Tuhan dan menghidupi doa dan iman anak anda.

Selamat mencoba ya sobat blogger.. :)
Tetapi Yesus berkata: "Biarkanlah anak-anak itu datang kepada-Ku, dan jangan kamu menghalang-halangi mereka, sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya kerajaan Allah." (Lukas 18:16)

God bless sobat :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar